Sejumlah Persiapan Dilakukan untuk Seremonial Groundbreaking Bandara oleh Presiden Jokowi

TRIBUNJOGJA.COM, KULONPROGO - Rencana pelaksanaan seremonial groundbreaking/landclearing pembangunan bandara oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) rupanya semakin mengerucut. Sejumlah persiapan di calon lokasi acara di Jangkaran, Temon bahkan sudah terlihat. Pantauan wartawan di titik lokasi acara yang ada di lahan sebelah selatan Satradar Congot, Rabu (25/1/2017), sejumlah persiapan dan perlengkapan tengah dikebut. Berbagai macam perlengkapan sudah terlihat di lokasi, antara lain tenda besar berwarna putih, podium, peralatan sound system, umbul-umbul, hingga beberapa unit toilet portabel.

 

Petugas dari PT Angkasa Pura I maupun Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) sudah terlihat sibuk berkoordinasi di sekitar lokasi. Termasuk untuk pengaturan layout lokasi acara dan posisi para tamu undangan dan sebagainya. Demikian juga para personel Satradar Congot terlihat sibuk melakukan pembenahan area instansinya untuk menyambut kedatangan pemimpin negara dan rombongan. Asisten II Sekretaris Daerah Kulonprogo, Triyono mengatakan, koordinasi persiapan penyelenggaran seremonial groundbreaking terus dilaksanakan. Yakni antara Pemkab Kulonprogo, Pemerintah DIY, PT Angkasa Pura I, dan juga Sekretatiat Negara (Setneg).

 

Ia menyebut bahwa sampai saat ini jadwal pelaksanaan acara yang digadang-gadang bertajuk Bubak Alas Nawung Krido itu masih seperti rencana semula, yakni dilangsungkan pada Jumat (27/1/2017) besok. “Acaranya 90 persen akan dilaksanakan Jumat nanti. Besok akan dirapatkan lagi di Yogyakarta,” kata Triyono saat dihubungi wartawan. Meski begitu, dirinya mengaku belum tahu detil lebih lanjut dan teknis acara tersebut. Demikian juga bagaimana rundown acara yang akan dilakukan. Semuanya masih akan dikoorinasikan lagi dengan pihak terkait. Penjabat Bupati Kulonprogo, Budi Antono, pun menyatakan hal tak jauh berbeda. Menurutnya, teknis acara tengah dikoordinasikan lagi dengan pihak lainnya yang berkepentingan dalam acara tersebut. “Memang baru rencana namun sudah ada koordinasi antara ANgkasa Pura, Pemkab, dan juga Pemerintah DIY. Pemkab juga kedatangan tamu dari Setneg untuk mengerucutkan detil acaranya,” kata dia.

 

 

http://jogja.tribunnews.com/2017/01/25/sejumlah-persiapan-dilakukan-untuk-seremonial-groundbreaking-bandara-oleh-presiden-jokowi