Toilet Warna-Warni Lengkapi Fasilitas di Bandara Adisutjipto

KOMPAS.com - Toilet bongkar pasang (portable) dengan aneka warna hadir di Bandara International Adisucipto, Yogyakarta. Toilet itu bisa ditemukan di area kedatangan Terminal A Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta.

 
“Semoga ini dapat menjadi suatu inovasi dan semangat perbaikan di tengah keterbatasan. Tujuannya hanya satu yaitu untuk memberikan kenyamanan dan pelayanan yang prima kepada penumpang yang datang di Jogja,” jelas General Manager Bandara Adisutjipto, Agus Pandu Purnama saat melakukan inspeksi langsung, seperti dikutip dari siaran pers.
 
Disebut dengan #ToiletPortableAdisutjipto, fasilitas itu mulai dioperasionalkan pada tanggal 5 Juli 2016. Selain untuk tujuan untuk meningkatkan pelayanan dan kenyamanan terhadap penumpang, Agus menambahkan, kehadiran toilet itu juga untuk mengatasi penumpukan antrean penumpang di toilet yang cukup sering terjadi saat terminal kedatangan mulai padat.
 
Menurut Agus, beberapa penumpang mengaku “penasaran” dengan tampilan #toiletportableadisutjipto yang begitu masuk ke dalam terlihat sangat eye catching. Salah satu penumpang yang baru saja landing dari Batam, Ein, mengaku tidak segan untuk menggunakan toilet portable warna-warni di saat padatnya penumpang yang mengantri toilet.
 
“Begitu masuk ke dalamnya, harum sekali ditambah ada hiasan vas bunga kecil yang cantik, lengkap dengan tisue dan hand soap. Meskipun awalnya saya sempat bingung bagaimana menggunakannya, tapi petunjuk yang ada di dalam cukup membantu saya. Warna-warna toiletnya sangat menarik menyegarkan mata”.  
 
Pantauan KompasTravel dari foto yang diunggah Humas Bandara Adisucipto, toilet portable tersebut berwarna seperti hijau, merah, kuning, coklat, dan biru. Terdapat dua jenis toilet yang tersedia yakni toilet jongkok dan duduk.
 
Corporate Secretary Angkasa Pura 1 Farid Indra Nugraha yang dihubungi KompasTravel membenarkan kehadiran toilet portable berwarna-warni di Bandara Adisucipto, Yogyakarta. Namun, ungkap Farid, toilet portable warna-warni tersebut hanya beroperasi selama satu bulan hingga tanggal 5 Agustus 2016.
 
"Nanti dievaluasi (penggunaan toilet portable warna-warni selama satu bulan) karena barangnya sewa," jelasnya.
 
Farid mengungkapkan, biaya sewa toilet portable warna-warni tersebut berkisar Rp 30 jutaan. Sementara, jumlah toilet portable warna-warni tersebut 6 buah tempat buang air kecil untuk laki-laki (urinoir) dan 9 buah toilet untuk perempuan dengan tempat yang terpisah.
 
"(Kita pilih warna-warni) biar atraktif dan colourful," imbuh Farid.
 
 
 
Sumber: Kompas.com