Toilet Warna Warni di Monas Jadi Daya Tarik Pengunjung Syukuran Rakyat

Jakarta, KOMPAS.com - Toilet warna warni menjadi daya tarik para pengunjung di kawasan Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta Pusat. Pada acara Syukuran Rakyat Salam 3 Jari Jokowi-JK ini, para pengunjung tak perlu takut untuk sekadar buang air kecil atau buang air besar di kawasan Monas. Toilet portabel dari sewatoilet.com ini ternyata telah dilengkapi dengan beragam fasilitas di dalamnya. [Baca: Monas Bau Pesing, Pengunjung Syukuran Rakyat Jokowi-JK Merasa Terganggu]

Dari tampak dalam, ada dua kloset untuk perempuan dan laki-laki. Ada pula dua tempat tisu yang rutin diisi apabila tisunya telah habis. Tak lupa pengguna toilet difasilitasi dengan hand sanitizer. Jangan takut jika timbul aroma tak sedap. Toilet ini menyediakan parfum otomatis yang siap menyemprotkan aroma wangi ruangan dengan pengaturan waktunya.

Toilet ini tersebar di emapt titik Monas. warna hijau tua, hijau tosca, oranye, merah, ungu sampai biru bisa menjadi pilihan pengunjung maupun relawan Jokowi.   

seorang pengunjung mengaku penasaran dengan toilet itu. Ia pun mengabadikan gambar toilet melalui ponselnya. "Warnanya bagus. Jadi mau coba ke dalam juga penasaran sama dalamnya bagaimana," kata Diah kepada Kompas.com, di Monas, Jakarta Pusat, Senin (20/10/2014). Ia pun menyatakan baru kali ini melihat toilet dengan warna cerah. Ini, kata dia, membuat orang tak sungkan untuk datang ke toilet portabel. Menurut dia, selama ini masyarakat kerap menilai toilet portabel bau dan kotor.

Vika, pengunjung lain, mengaku ingin buang air kecil. ia pun memilih toilet berwarna hijau karena dekat dengan panggung utama. Ia bermaksud menonton salah satu band favoritnya, Nidji. 

Seorang petugas toilet, Wawan, mengatakan, sebanyak 59 toilet warna warni ini telah tersebar di empat titik sisi Monas. menurut Wawan, pengunjung yang menggunakan toilet tidak dipungut biaya. "Memang pesanan Panitia. (Toilet) gratis dan selalu dibersihkan berkala. Sekarang saja ada beberapa toilet lagi kami bersihin," kata dia.

Sumber: http://indonesiasatu.kompas.com/read/2014/10/20/15495171/toilet.warna-warni.di.monas.jadi.daya.tarik.pengunjung.syukuran.rakyat